SELAMAT DATANG DIBLOG SMPN 15 BANJARMASIN

Minggu, 26 Juni 2011

PSB ONLINE KOTA BANJARMASIN

Tahun Pelajaran 2011/2012 Bagi dunia pendidikan di Kalimantan Selatan merupakan tahun pelajaran yang penuh kompetisi, bagaimana tidak hampir rerata perolehan Nilai Ujian Nasional (UN) di 13 kabupaten/Kota untuk Tahun Pelajaran 2010/2011 memiliki distribusi nilai yang hampir merata baiknya, hal ini bisa dijadikan barometer bahwa pendidikan di Kalimantan Selatan (khususnya Banjarmasin) sudah mulai terlihat menggeliat ……dan bahkan menurut informasi yang bisa di percaya mengatakan…bahwa Kalsel menduduki peringkat ke 7 (tujuh) Nasional.
Terlepas dari itu semua, marilah kita bersama-sama seluruh insan Kalimantan Selatan untuk tetap berkomitmen bahwa pendidikan adalah tanggungjawab kita semua, bukan tanggungjawab orang perorang, Semua unsur baik pemerintah, masyarakat, orang tua mempunyai tanggungjawab yang besar untuk memajukan dunia pendidikan di Kalimantan Selatan…juga termasuk tanggungjawab lembaga pendidikan formal dan non formal yang ada di seluruh Kalimantan Selatan…Pokoknya …Gawi Sabumilah…jar Urang kita ya…kalo dangsanak sabarataan…..
Untuk melihat pendaftaran dan hasil seleksi pendaftaran siswa baru (PSB) nang jaman semalan jarurang mun sekarang ngarannya baubah menjadi PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) dapat anda lihat pada link atau situs di bawah ini…tinggal klik saja dan tunggu sebentar anda dapat melihat hasilnya setelah memilih menu yang ada di link tersebut, selamat mencoba dan semoga sukses ……

BELAJAR SECARA ONLINE MATERI-MATERI SMP>>>>

Silahkan adik-adik mencoba untuk membuka link di bawah ini dan dapatkan sebanyak mungkin pengetahuan untuk meningkatkan pengetahuanmu agar prestasi belajarmu meningkat……

  1. Silahkan Klik di sini>>>>>Semua Bidang Studi SD, SMP, SMA

 

Sabtu, 25 Juni 2011

JAM PIKET ORGAN TUBUH MANUSIA

Hai sobat semua... mudah-mudahan info sekelumit ini bermanfaat bagi kita semua , coba untuk disimak dan direnungkan>>>

     1.  JAM PIKET ORGAN TUBUH LAMBUNG (Jam 07.00 - 09.00)

Jam piket organ lambung sedang kuat, sebaiknya makan pagi untuk proses pembentukan energi tubuh sepanjang hari. Minum jus atau ramuan sebaiknya sebelum sarapan pagi, perut masih kosong sehingga zat yang berguna segera terserap tubuh.

     2.  LIMPA (Jam 09.00 - 11.00)

Jam piket organ limpa kuat, dalam mentransportasi cairan nutrisi untuk energi pertumbuhan. Bila pada jam-jam ini mengantuk, berarti fungsi limpa lemah. Kurangi konsumsi gula, lemak, minyak dan protein hewani.

    3.  JANTUNG (Jam 11.00 - 13.00)

Jam piket organ jantung kuat, harus istirahat, hindari panas dan olah fisik, ambisi dan emosi terutama pada penderita gangguan pembuluh darah.

     4.  HATI (Jam 13.00 - 15.00)

Jam piket organ hati lemah, bila orang tidur, darah merah berkumpul dalam organ hati dan terjadi proses regenerasi sel-sel hati. Apabila fungsi hati kuat maka tubuh kuat untuk menangkal semua penyakit.

    5.  PARU-PARU (Jam 15.00 - 17.00)

Jam piket organ paru-paru lemah, diperlukan istirahat, tidur untuk proses pembuangan racun dan proses pembentukan energi

paru-paru

     6.  GINJAL (Jam 17.00 - 19.00)

Jam piket organ ginjal kuat, sebaiknya digunakan untuk belajar karena terjadi proses pembentukan sumsum tulang dan otak serta kecerdasan.

     7.  LAMBUNG (Jam 19.00 - 21.00)

Jam piket organ lambung lemah sebaiknya tidak mengkonsumsi makan yang sulit dicerna atau lama dicerna atau lebih baik sudah berhenti makan

      8.  LIMPA (Jam 21.00 - 23.00)

Jam piket organ limpa lemah, terjadi proses pembuangan racun dan proses regenerasi sel limpa. Sebaiknya istirahat sambil mendengarkan musik yang menenangkan jiwa, untuk meningkatkan imunitas.

      9.  JANTUNG (Jam 23.00 - 01.00)

Jam piket organ jantung lemah. Sebaiknya sudah beristirahat tidur, apabila masih terus bekerja atau begadang dapat melemahkan fungsi jantung.

    10.  HATI (Jam 01.00 - 03.00)

Jam piket organ hati kuat. Terjadi proses pembuangan racun/limbah hasil metabolisme tubuh. Apabila ada gangguan fungsi hati tercermin pada kotoran dan gangguan mata. Apabila ada luka dalam akan terasa nyeri.

     11.  PARU-PARU (Jam 03.00 - 05.00)

Jam piket organ paru-paru kuat, terjadi proses pembuangan limbah/racun pada organ paru-paru, apabila terjadi batuk, bersin-bersin dan berkeringat menandakan adanya gangguan fungsi paru-paru. Sebaiknya digunakan untuk olah nafas untuk mendapatkan energi paru yang sehat dan kuat.

      12.  USUS BESAR (Jam 05.00 - 07.00)

Jam piket organ usus besar kuat, sebaiknya biasakan BAB secara teratur

Jumat, 24 Juni 2011

BLOG GURU SMPN 15 BANJARMASIN

Di SMPN 15 ada beberapa guru yang sudah memiliki dan membuat blognya, sementara ini memang tidak semua Bapak/Ibu guru mempunyai blog, tidak ada salahnya kami mencoba memberikan kontribusi kepada blog sekolah ini untuk memasukan nama blog beberapa guru yang telah ada…semoga bermanfaat….

Silahkan Klik Link di bawah ini

  1.  LINK GURU OKOMTAIDUS (MOKHER)
  2. LINK GURU ATISRUMSUGA

Rabu, 22 Juni 2011

KALENDER AKADEMIK SMPN 15 BJM 2011/2012

KALENDER AKADEMIK SMP NEGERI 15 BANJRAMASIN TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Tidak terasa tinggal beberapa saat lagi tahun pelajaran baru akan berlangsung, bersama dengan akan datangnya tahun pelajaran baru maka SMPN 15 Banjarmasin bersiap-siap untuk menyusun rencana ke depan di antaranya membuat kalender akademik untuk dijadikan pedoman pengajaran bagi para punggawa pendidik yang berkaitan langsung dengan proses belajar mengajar di kelas, untuk lebih lengkapnya dapat di lihat di link yang tertera di bawah ini….
Silahkan download di sini>>>>
KALENDER AKADEMIK SMPN15 BJM T.P 2011/2012

Senin, 20 Juni 2011

PANDUAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)/PSB ONLINE DAN BAKAT-PRESTASI TAHUN PELAJARAN 2011/2012

PANDUAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)/PSB ONLINE DAN BAKAT-PRESTASI TAHUN PELAJARAN 2011/2012


A. CARA MENDAFTAR :
  1. Calon peserta didik (siswa) datang langsung kesekolah/tempat pendaftaran yang melaksanakan PPDB Online.
  2. Bila pilihan SMP, harus datang disalah satu SMP Negeri yang melaksanakan PPDB Online dengan 2 (dua) pilihan     sekolah pada SMP Negeri yang ada di kota Banjarmasin. 
  3. Bila pilihan SMK, harus datang disalah satu SMK Negeri yang melaksanakan PPDB Online dengan memilih 3 (tiga)     pilihan Kompetensi Keahlian (jurusan) yang ada dibuka di SMK Negeri Kota Banjarmasin, dan tidak dapat memilih     untuk SMA. 
  4. Bila pilihan SMA, harus datang disalah satu SMA Negeri yang melaksanakan PPDB Online dengan 2 (dua) pilihan     SMA Negeri yang ada di Kota Banjarmasin, dan tidak dapat memilih untuk SMK.
  5. Pilihan hendaknya disesuaikan dengan Hasil Ujian Nasional serta tempat tinggal Anda.
  6. Formulir yang sudah diisi diserahkan kebagian pendaftaran sesuai dengan jenjang sekolah pelaksana PPDB Online,     walaupun sekolah tempat pendaftaran tidak dipilih. 
  7. Jangan pulang sebelum menerima tanda terima bahwa Saudara sudah mendaftar.
  8. Cek di internet www.ppdb-banjarmasin.info apakah saudara telah terdaftar
  9. Calon Peserta didik (siswa) hanya boleh/diizinkan mendaftar satu kali dan setelah mendaftar tidak dapat     mencabut kembali

B. JADWAL PENDAFTARAN
  1. Untuk SMA dan SMK : tgl 20 s.d. 22 Juni 2011 pukul 08.00 sampai dengan pukul 12.00 wita.
  2. Untuk SMP : tgl 24 s.d. 27 Juni 2011 pukul 08.00 sampai dengan pukul 12.00 wita.

C. PENGUMUMAN DITERIMA.
  1. Untuk SMA dan SMK : tgl 23 Juni 2011, pukul 10.00 wita.
  2. Untuk SMP : tgl 28 Juni 2011, pukul 10.00 wita.
  3. Pengumuman dapat dilihat di internet www.ppdb-banjarmasin.info

D. DAFTAR ULANG BAGI YANG DITERIMA.
  1. Untuk SMA dan SMK : tgl 23 s.d. 25 Juni 2011, pukul 08.00 s.d.12.00 wita.
  2. Untuk SMP : tgl 28, 30 Juni dan 1 Juli 2011, pukul 08.00 s.d.12.00 wita.
E. PERSYARATAN.

     1. Calon Peserta didik kelas VII SMP Negeri
  • Telah lulus SD/MI/Prog Paket A dan memiliki Ijazah/Sertifikat.
  • Memiliki SKHUN
  • Usia paling tua 18 tahun pada tanggal 11 Juli 2011.
  • Lulusan SD/MI sederajat tahun 2009/2010 atau lulusan tahun sebelumnya, dan tahun 2010/2011.
  • Lulusan SD/MI tahun 2010/2011 yang belum terbit Ijazah dan SKHUN dapat diganti dengan Surat Keterangan     Lulus dan SKHUN Sementara dari Sekolah.
      2. Calon Peserta didik kelas X SMA/SMK Negeri
  • Telah lulus SMP/MTs/Prog Paket B dan memiliki Ijazah/Sertifikat
  • Memiliki SKHUN
  • Usia paling tua 21 tahun pada tanggal 11 Juli 2011.
  • Lulusan SMP/MTs sederajat tahun 2009/2010 atau lulusan tahun sebelumnya, dan tahun 2010/2011.
  • Lulusan SMP/MTs tahun 2010/2011 yang belum terbit Ijazah dan SKHUN dapat diganti dengan Surat Keterangan     Lulus dan SKHUN Sementara dari Sekolah.
  • Khusus untuk SMK yang memilih jurusan Perhotelan dengan syarat tidak buta warna, tinggi badan minimal 155     cm untuk putri, dan minimal 160 cm untuk putra.
F. PPDB BAKAT – PRESTASI
1. Prestasi olahraga :
  • Peserta didik (siswa) yang diterima adalah peserta didik yang mendapat minimal juara I tingkat Kota Banjarmasin     dan olahraga tersebut dilaksanakan secara berjenjang sampai ke Tingkat Nasional.
  • Persyaratan PPDB Bakat-Prestasi sama dengan PPDB Online dan ditambah dengan fotocopy Piagam penghargaan     yang dilegalisir oleh KONI atau Kepala Sekolah dengan memperlihatkan piagam asli.
  • Cabang Olahraga untuk SMP adalah Pencak Silat, Karate, Atletik, Renang, Bulu Tangkis, Bridge, Sepak Takraw,     Tenis Meja, Tenis, Catur, Senam, Bola Voli dan Sepak Bola, dan/atau cabang olahraga yang diakui KONI.
  • Cabang olahraga untuk SMA/SMK adalah Pencak Silat, Karate, Atletik, Renang, Bulu Tangkis, Sepak Takraw,     Tenis Meja, Tenis, Catur, Senam, Bola Voli, Futsal, Bola Basket dan Sepak Bola, dan/atau cabang olahraga     yang diakui KONI.
2. Prestasi Seni :
  • Peserta didik (siswa) yang diterima adalah peserta didik yang mendapat minimal juara I tingkat Kota Banjarmasin     dan lomba seni tersebut dilaksanakan secara berjenjang sampai ke Tingkat Nasional.
  • Persyaratan PPDB Bakat-Prestasi sama dengan PPDB Online dan ditambah dengan fotocopy piagam penghargaan     yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah dengan memperlihatkan piagam asli.
  • Cabang seni untuk SMP adalah : Menyanyi Solo, Seni Kriya, Seni Lukis, Cipta Puisi Bhs.Indonesia, Cipta Lagu,     Pidato Bhs. Indonesia dan Mengarang Bhs.Indonesia, Pramuka dan PMR
  • Cabang Seni untuk SMA/SMK adalah Seni Baca Al Qur’an, Menyanyi Solo, Vokal Group, Festival Musik     Tradisional, Festival Tari, Seni Kriya, Cipta Cerpen, Story Telling, Seni Lukis, Cipta Puisi Balada, Cipta Lagu,     Pramuka dan PMR.
3.Prestasi Mata Pelajaran/Akademik:
  • Peserta didik (siswa) yang diterima adalah peserta didik yang mendapat minimal juara I, II, dan III tingkat Kota     Banjarmasin dan dilombakan secara berjenjang sampai ke Tingkat Nasional.
  • Persyaratan PPDB Bakat-Prestasi sama dengan PPDB Online dan ditambah dengan fotocopy piagam penghargaan     yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah dengan memperlihatkan piagam asli.
  • Cabang Prestasi/Olimpiade Sains/Mata Pelajaran untuk masuk SMP adalah : Matematika, IPA dan Mata Pelajaran     lainnya.
  • Cabang Prestasi/Olimpiade Saint / Mata Pelajaran untuk masuk SMA adalah Biologi, Fisika, Matematika, IPS     terpadu, Karya Ilmiah dan Mata Pelajaran lainnya
4. Penerimaan peserta didik baru jalur bakat prestasi dilaksanakan pada tanggal bersamaan  dengan     PPDB online bertempat di satuan pendidikan (sekolah) yang ditunjuk.
  • Untuk masuk SMA Negeri: Tanggal 20 s.d. 22 Juni 2011 di SMA Negeri 2, Komplek Mulawarman Banjarmasin.
  • Untuk masuk SMK Negeri: Tanggal 20 s.d. 22 Juni 2011 di SMK Negeri 2, Kayutangi Banjarmasin.
  • Untuk masuk SMP Negeri : Tanggal 24 s.d. 27 Juni 2011 di SMP Negeri 7, Jl. Veteran Banjarmasin.

5. Formasi jumlah peserta didik (siswa) yang diterima dari jalur bakat prestasi maksimal 5% dari     jumlah Daya tampung masing-masing satuan pendidikan ( sekolah) yang menyelenggarakan     PPDB

6. PPDB jalur bakat prestasi hanya dapat memilih satu pilihan sekolah yang ditentukan oleh panitia     tingkat kota banjarmasin

G. LAINNYA.
  • Pendaftaran PPDB Online, dan PPDB Bakat-Prestasi serta daftar ulang tidak dipungut biaya (gratis)
  • Tempat Pendaftaran bagi calon peserta didik dari luar kota/provinsi Kalsel atau lulusan tahun 2009/2010 dan     sebelumnya dan Jalur Bakat Prestasi : Untuk masuk SMP di SMP Negeri 7 Banjarmasin Tanggal 24 s.d 27 Juni     2011, untuk masuk SMA di SMA Negeri 2 Banjarmasin Tanggal 20 s.d 22 Juni 2011, dan untuk masuk SMK di     SMK Negeri 2 Banjarmasin Tanggal 20 s.d. 22 Juni 2011.
  • Segala sesuatu yang belum jelas dapat ditanyakan ke Bagian Informasi, dan Pengaduan dilaporkan pada bagian     pengaduan.

INFORMASI :
1. Zulfatah, S.Pd, MM ; HP 0511-7513134
2. Drs. M. Elyan ; HP 085248554777

PENGADUAN :
1. Drs. H. Muhammad Amin. MT (Kepala Dinas), HP 085248481663
2. Drs. H. Murlan, MMPd (Kabid Dikmen), HP 081348631644
3. Drs. M. Sarwani,SE, MM (Kabid Dikdas), HP 0811502459

Daftar Daya Tampung Peserta Didik Baru SMP Negeri Kota Banjarmasin Tahun Pelajaran 2011/2012

Daftar Daya Tampung Peserta Didik Baru SMP Negeri Kota Banjarmasin Tahun Pelajaran 2011/2012
No
Nama SMP
Jumlah Rombel
Jumlah Siswa/Rombel
Jumlah Daya Tampung
1
SMP NEGERI 2
7
32
224
2
SMP NEGERI 3
6
32
192
3
SMP NEGERI 4
6
32
192
4
SMP NEGERI 5
8
32
256
5
SMP NEGERI 7
6
32
192
6
SMP NEGERI 8
7
32
224
7
SMP NEGERI 9
5
32
160
8
SMP NEGERI 10
6
32
192
9
SMP NEGERI 11
6
32
192
10
SMP NEGERI 12
7
32
224
11
SMP NEGERI 13
7
32
224
12
SMP NEGERI 14
6
32
192
13
SMP NEGERI 15
6
32
192
14
SMP NEGERI 16
4
32
128
15
SMP NEGERI 17
6
32
192
16
SMP NEGERI 18
4
32
128
17
SMP NEGERI 19
5
32
160
18
SMP NEGERI 20
7
32
224
19
SMP NEGERI 21
5
32
160
20
SMP NEGERI 22
3
32
96
21
SMP NEGERI 23
6
32
192
22
SMP NEGERI 24
5
32
160
23
SMP NEGERI 25
5
32
160
24
SMP NEGERI 26
5
32
160
25
SMP NEGERI 27
5
32
160
26
SMP NEGERI 28
3
32
96
27
SMP NEGERI 29
2
32
64
28
SMP NEGERI 30
6
32
192
29
SMP NEGERI 31
4
32
128
30
SMP NEGERI 32
3
32
96
31
SMP NEGERI 33
5
32
160
32
SMP NEGERI 34
5
32
160

Sabtu, 18 Juni 2011

TUGAS POKOK DAN FUNGSI PERSONIL SEKOLAH

KEPSEKJika difikirkan secara mendasar dan mendalam, ternyata mengelola dan mengatur jalannya roda sinergi dalam suatu organisasi sekolah cukup terasa amat berat, tetapi jika semua itu dijalankan semata-mata karena ridho Allah maka hal itu semua bisa teratasi dengan baik, apalgi sekarang ada istilah MBS (Manajemen Berbasis Sekolah) yang sedang digalakan oleh pemerintah dan era keterbukaan public (transfaransi), akuntabilitas, dan apa lagilah istilahnya…saya lupa….yang pasti dalam era otonomi sekolah istilah MBS sangat amat popular, sehubungan dengan hal itu, maka sudah sepantasnyalah suatu organisasi sekolah memiliki suatu job description (pembagian tugas) yang cukup jelas agar jalannya roda aktivitas tidak terhenti….tidaklah berlebihan kiranya anda untuk mencoba membaca suatu artikel yang ada di bawah ini….semoga bermanfaat…amin.

RINCIAN TUGAS BEBERAPA PERSONIL SEKOLAH

A. KEPALA SEKOLAH

Kepala Sekolah berfungsi sebagai Edukator, Manager, Administrator, Supervisor, Leader, Inovator dan Motivator (EMASLIM).

a) Kepala Sekolah selaku edukator bertugas melaksanakan proses pengajaran  secara efektif dan efisien (lihat tugas guru).

b) Kepala Sekolah selaku manajer mempunyai tugas :

  1. Menyusun perencanaan.
  2. Mengorganisasikan kegiatan.
  3. Mengarahkan / mengendalikan kegiatan.
  4. Mengkoordinasikan kegiatan.
  5. Melaksanakan pengawasan.
  6. Menentukan kebijaksanaan.
  7. Mengadakan rapat mengambil keputusan.
  8. Mengatur proses belajar mengajar.
  9. Mengatur administrasi :
  • Katatausahaan.
  • Kesiswaan
  • Ketenagaan
  • Sarana Prasarana
  • Keuangan

c) Kepala Sekolah selaku administrator bertugas menyelenggarakan administrasi memunyai tugas:

  1. Perencanaan.
  2. Pengorganisasian.
  3. Pengarahan dan pengendalian.
  4. Pengkoordinasian.
  5. Pengawasan.
  6. Evaluasi.
  7. Kurikulum.
  8. Kesiswaan.
  9. Ketatausahaan.
  10. Ketenagaan.
  11. Kantor.
  12. Keuangan.
  13. Perpustakaan.
  14. Laboratorium.
  15. Ruang keterampilan – kesenian.
  16. Bimbingan konseling.
  17. UKS.
  18. OSIS.
  19. Serbaguna.
  20. Media pembelajaran.
  21. Gudang.
  22. 7K.
  23. Sarana / prasarana dan perlengkapan lainnya.

d) Kepala Sekolah selaku Supervisor bertugas menyelenggarakan supervisi mengenal:

  1. Proses belajar mengajar.
  2. Kegiatan bimbingan.
  3. Kegiatan ekstrakulikuler.
  4. Kegiatan kerja sama dengan masyarakat / instansi lain.
  5. Kegiatan ketatausahaan.
  6. Sarana dan prasarana.
  7. Kegiatan OSIS.
  8. Kegaitan 7K.
  9. Perpustakaan.
  10. Laboratorium.
  11. Kantin / warung sekolah.
  12. Koperasi sekolah.
  13. Kehadiran guru, pegawai, dan siswa.

B. WAKIL KEPALA SEKOLAH

Menyusun perencanaan, membuat program kegiatan dan pelaksanaan program meliputi : Pengorganisasian, Pengarahan, Ketenagaan, Pengkoordinasian, Pengawasan, Penilaian, Identifikasi dan Pengumpulan Data, Penyusunan Laporan

C. KURIKULUM

  • Menyusun dan menjabarkan Kalender Pendidikan
  • Menyusun Pembagian Tugas Guru dan Jadwal Pelajaran
  • Mengatur Penyusunan Program Pengajaran (Program Semester, Program Satuan Pelajaran, dan Persiapan Mengajar, Penjabaran dan Penyesuaian Kurikulum).
  • Mengatur pelaksanaan program penilaian Kriteria Kenaikan Kelas, Kriteria Kelulusan dan Laporan Kemajuan Belajar Siswa serta pembagian Raport dan STTB.
  • Mengatur pelaksanaan program perbaikan dan pengayaan.
  • Mengatur pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar.
  • Mengatur Pengembangan MGMP dan Koordinator mata pelajaran.
  • Mengatur Mutasi Siswa
  • Melaksanakan supervisi administrasi dan akademis.
  • Menyusun Laporan.

D. KESISWAAN

  • Menuyusun Program Pembinaan kesiswaan/OSIS
  • Membimbing, mengarahkan dan mengendalikan kegiatan siswa/OSIS dalam menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah
  • Mengatur pelaksanaan Bimbingan Konseling.
  • Mengatur dan mengkoordinasikan pelaksanaan 7K (Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kekeluargaan, Kesehatan dan Kerindangan).
  • Mengatur dan membina program kegiatan OSIS meliputi Kepramukaan, Palang Merah Remaja (PMR), Kelompok Ilmiah Remaja (KIR), Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Patroli Keamanan Sekolah (PKS) Paskibra.
  • Mengatur pelaksanaan Kurikuler dan Ekstra Kurikuler.
  • Menyusun dan mengatur pelaksanaan pemilihan siswa teladan sekolah.
  • Menyelenggarakan Cerdas Cermat, Olah Raga Prestasi.
  • Menyeleksi calon untuk diusulkan mendapat beasiswa.

E. SARANA PRASARANA

  • Merencanakan kebutuhan sarana prasarana untuk menunjang proses belajar mengajar.
  • Merencanakan program pengadaannya.
  • Mengatur pemanfaatan Sarana Prasarana.
  • Mengelola perawatan, perbaikan dan pengisian.
  • Mengatur pembukuannya.
  • Menyusun laporan.

F. HUBUNGAN DENGAN MASYARAKAT (HUMAS)

  • Mengatur dan mengembangkan hubungan dengan Komite Sekolah dan peran Komite Sekolah.
  • Menyelenggarakan pameran hasil pendidikan di sekolah (gebyar seni).
  • Mengatur hubungan sekolah dengan orang tua/wali siswa.
  • Membina hubungan antara sekolah dengan instansi lainnya.
  • Memberikan penjelasan tentang kebijaksanaan sekolah, situasi dan perkembangan sekolah kepada orang tua siswa dan atau masyarakat.
  • Mengkoordinir kegiatan silaturahmi, rekreasi dan acara kekeluargaan
  • Menyusun laporan.

G. G U R U

  • Membuat Perangkat program pengajaran (Silabus, Program tahunan/semester, Program Rencana Pengajaran,Program mingguan guru, LKS}
  • Melaksanakan kegiatan pembelajaran
  • Melaksanakan kegiatan Penilaian PRoses Belajar, Ulangan Harian, Ulangan Umum, Ujian Akhir.
  • Melaksanakan analisis hasil ulangan harian.
  • Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan.
  • Mengisi daftar nilai siswa.
  • Melaksanakan kegiatan membimbing (pengimbasan pengetahuan) kepada guru lain dalam proses kegiatan belajar mengajar.
  • Membuat alat pelajaran / alat peraga.
  • Menumbuh kembangkan sikap menghargai karya seni.
  • Mengikuti kegiatan pengembangan dan pemasyarakatan kurikulum.
  • Melaksanakan tugas tertentu di sekolah.
  • Mengadakan pengembangan program pengajaran yang menjadi tanggung jawabnya.
  • Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar.
  • Mengisi dan meneliti daftar hadir siswa sebelum memulai pelajaran.
  • Mengatur keberhasilan ruang kelas dan pratikum.
  • Mengumpulkan dan menghitung angka kredit untuk kenaikan perangkatnya.

H. GURU PIKET

  • Bertanggung jawab atas kegiatan belajar mengajar di sekolah
  • Menjaga ketertiban dan keamanan sekolah
  • Mengambil tindakan yang diperlukan untuk ketertiban dan keamanan sekolah.
  • Mengusahakan agar kelas-kelas kosong karena guru berhalangan hadir, dapat diisi dengan tertib
  • Melarang/mengijinkan seseorang/sekelompok siswa untuk meninggalkan sekolah pada jam pelajaran tertentu.
  • Mencatat kehadiran guru-guru sehari-hari
  • Mencatat suatu kejadian disekolah selama bertugas.

I. WALI KELAS

  • Pengelolaan kelas
  • Penyelenggaraan administrasi kelas meliputi : Denah tempat duduk siswa, Papan absensi siswa, Daftar pelajaran kelas, Daftar piket kelas,Buku absensi siswa, Buku kegiatan pembelajaran/buku kelas, Tata tertib siswaPenyusunan pembuatan statistik bulanan siswa
  • Pengisian daftar kumpulan nilai (legger)
  • Pembuatan catatan khusus tentang siswa
  • Pencatatan Mutasi siswa
  • Pengisian buku laporan penilaian hasil belajar.
  • Pembagian buku laporan hasil belajar.

J. GURU BIMBINGAN DAN KONSELING

  • Penyusunan program dan pelaksanaan bimbingan dan konseling
  • Koordinasi dengan wali kelas dalam rangka mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa tentang kesulitan belajar.
  • Memberikan layanan dan bimbingan kepada siswa agar lebih berprestasi dalam Kegiatan belajar.
  • Memberikan saran dan pertimbangan kepada siswa dalam memperoleh gambaran tentang lanjutan pendidikan dan lapangan pekerjaan yang sesuai.
  • Mengadakan penilaian pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan.
  • Menyusun Satatistik hasil penilaian B.K
  • Melaksanakan kegiatan analisis hasil evaluasi belajar
  • Menyusun dan melaksanakan program tindak lanjut Bimbingan dan Konseling
  • Menyusun laporan pelaksanaan Bimbingan dan Konseling

K. PUSTAKAWAN SEKOLAH

  • Perencanaan pengadaan buku/bahan pustaka/media elektronik
  • Pengurusan pelayanan perpustakaan
  • Perencanaan pengembangan perpustakaan
  • Pemeliharaan dan perbaikan buku-buku / bahan pustaka / media elektronika
  • Inventarisasi dan pengadministrasian buku-buku / bahan pustaka / media elektronika
  • Melakukan layanan bagi siswa, guru dan tenaga kependidikan lainnya, serta masyarakat.
  • Penyimpanan buku perpustakaan / media elektronika
  • Menyusun Tata tertib perpustakaan
  • Menyusun Laporan pelaksanaan kegiatan perpustakaan secara berkala.

L. LABORATORIUM IPA DAN BAHASA

  • Perencanaan pengadaan alat dan bahan laboratorium
  • Menyusun jadwal dan tata tertib penggunaan laboratorium
  • Mengatur penyimpanan dan daftar alat-alat laboratorium
  • Memelihara dan perbaikan alat-alat laboratorium
  • Inventarisasi dan pengadministrasian peminjam alat-alat laboratorium
  • Menyusun laporan pelaksanaan kagiatan laboratorium

M. KEPALA TATA USAHA

  • Penyusunan program kerja tata usaha sekolah
  • Pengelolaan keuangan sekolah
  • Pengurus administrasi ketenagaan dan siswa
  • Pembinaan dan pengembangan karir pegawai tata usaha sekolah
  • Penyusunan administrasi perlengkapan
  • Penyusunan dan penyajian data/statistik sekolah
  • Mengkoordinasikan dan melaksanakan 7K
  • Penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan pengurusan ketata usahaan secara berkala.

N. BENDAHARA BOS:

  • Membukukan arus uang masuk dan keluar.
  • Membayar gaji dan honorarium serta kesejahteraan Guru/Pegawai pada waktu yang tepat.
  • Mengadministrasikan keuangan sekolah sesuai dengan petunjuk.
  • Setiap pengeluaran keuangan harus sepengetahuan/persetujuan Kepala Sekolah.
  • Mengendalikan keuangan sesuai dengan RABPS.
  • Menyusun laporan keuangan secara rutin dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah.

O. Laboran Laboratorium Komputer.

  • Merencanakan pengadaan alat, bahan dan barang untuk komputer.
  • Membersihkan dan merawat perangkat komputer.
  • Memeriksa stabilitas aliran listrik.
  • Memperbaiki / menyimpan alat, bahan, barang Informatika Teknologi.
  • Membuat / mengatur jadwal penggunaan Informatika Teknologi.
  • Menginventarisir dan mengadministrasikan alat, bahan dan barang.
  • Menyusun laporan pendayagunaan/pemanfaatan kepada Kepala Sekolah.

SEKOLAH YANG BAGUS

Pernah ada yang bertanya kepada saya seperti apakah sekolah yang bagus itu? Kenapa sekolah yang bagus, kenapa bukan sekolah yang ideal? Barangkali karena sekolah ideal hanya ada dalam wacana saja dan tidak ada pada faktanya. Sementara sekolah yang bagus adalah penilaian yang sifatnya subjektif sehingga lebih mudah ditemukan. Pertanyaan detilnya adalah, “Sekolah apa yang bagus untuk anak saya?”

Seminggu yang lalu, saya dan teman mengantarkan anaknya untuk mendaftar ke sebuah sekolah RSBI (sudah SBI ?) di kota Semarang. Secara online peserta yang mendaftar sudah lebih dari 2 ribu orang, dan pada saat kami datang ke sekolah bersangkutan sudah disiapkan tenda seperti ada hajatan besar untuk para siswa menunggu giliran verifikasi dokumen. Di antara para pendaftar yang mengantri, ada seorang Ibu yang ingin sekali anaknya masuk SMA favorit tersebut, sementara kalau dilihat nilai anak jauh di bawah rata-rata pendaftar yang lain, yang umumnya juga murid SMP RSBI.

Apakah SMA tersebut bagus untuk anak saya? Untuk menjawab hal ini, orang tua harus mengenali terlebih dahulu seperti apa tabiat, motivasi belajar, dan karakter anak masing-masing. Jika, anak adalah orang yang berani berkompetisi, tidak mudah stress menghadapi persaingan, tidak minderan, dan tentu saja berotak encer, tidak mengapa dimasukkan ke sekolah-sekolah favorit yang isinya memang anak-anak yang seperti itu. Memaksakan anak memasuki sekolah yang murid-muridnya telah memiliki karakteristik sama (gemar belajar, gemar berkompetisi, selalu ingin menjadi nomor satu, otak encer), sementara si anak tidak memenuhi kriteria tersebut, bak mengirimkan anak ke penjara.

Lalu, sekolah apa yang bagus untuk anak saya? Jawabannya sekolah yang akan membuat anak anda nyaman belajar, dan selalu termotivasi untuk mengetahui sesuatu. Nah, bagaimana caranya mendapatkan informasi sekolah semacam itu? Orang tua tidak perlu mewawancarai guru atau kepala sekolah, tetapi yang perlu dilakukan adalah orang tua harus menjadi investigator dengan target siswa sekolah bersangkutan. Yang bisa menilai sekolah telah berhasil mendidik dengan baik, hanyalah siswa yang bersekolah di sekolah tersebut. Tambahkan pula responden yang harus diwawancarai adalah orang tua si siswa, sebab beliau yang lebih mengetahui perubahan sikap dan perilaku anaknya, bukan pihak sekolah. Wawancara dengan guru dan pengelola sekolah tidak perlu dilakukan karena biasanya apa yang akan disampaikan sudah tertulis di pamflet sekolah.Jadi, jika tidak ada pamflet, barulah boleh mengorek informasi dari kedua pihak tersebut.

Dengan demikian ada dua langkah pokok untuk mengetahui mana sekolah yang bagus untuk anak Anda, yaitu pertama, kenali anak Anda, dan wawancarai para siswa di sekolah yang ingin dimasuki. Sebagai orang tua tidak usah terlalu berambisi ingin memasukkan anak ke sekolah favorit, sebab semua sekolah pada dasarnya menerapkan kurikulum yang sama. Baik tidaknya pembelajaran di sekolah tergantung pada gurunya yang mampu menyetel cara mengajar dengan mengikuti karakter dan kemampuan siswa.

Kemarin, saya dan teman dosen sempat membincangkan masalah sekolah di daerah. Lalu, seorang teman menceritakan tentang sebuah SMK di Papua, yang memfokuskan pada produksi ikan karena letaknya dekat dengan laut. Siswa-siswa di sekolah tersebut diajari ilmu dasar menjadi nelayan dan bagaimana membudidayakan ikan dengan model praktek langsung. Hingga pada suatu ketika, produksi ikan mereka menumpuk dan tidak dapat lagi dipasarkan. Siswa-siswa kemudian mencari informasi pengolahan ikan, dan ketemulah mereka dengan ikan sarden yang didatangkan dari tanah Jawa. Mereka kemudian meminta salah seorang gurunya yang berasal dari Jawa untuk menjelaskan dan mencarikan info daerah penghasil ikan sarden tersebut. Daerah yang dimaksud adalah Banyuwangi. Maka berangkatlah serombongan siswa-siswa SMK tersebut ke tanah Jawa untuk belajar cara membuat ikan sarden.

Mendengar itu, saya langsung mengacungkan jempol.  SMK di Papua tersebut adalah sekolah yang bagus untuk anak-anak di manapun. Terlepas dari siswanya yang pandai atau gurunya yang pandai, sekolah tersebut telah menciptakan atmosfer “mau maju”  di lingkungan civitasnya. Sekolah telah berhasil memfungsikan diri dengan baik, sehingga setiap anak mengerti, “untuk apa dia bersekolah?”

Bukankah seperti itu sekolah yang bagus untuk anak Anda?

Menurut penelitian psikologi, anak di usia SMP adalah dalam fase mencari jati dirinya. Sementara anak pada usia SMA sudah memiliki gambaran kasar akan ke mana hidupnya kelak. Jika pendidikan dilakukan dengan benar, maka semestinya siswa-siswa SMA sudah tahu mau jadi apa dia nantinya. Kalau setingkat siswa SMA belum juga mempunyai cita-cita dan bayangan hidup lima tahun ke depan, maka guru dan orang tua harus bekerja ekstra membantunya menemukan cita-citanya.

Jadi, kalau anak Anda tidak berotak encer, bukan berarti tidak ada sekolah yang bagus untuknya. Sebagai orang tua berhenti saja mengeluh dan memarahi anak karena nilai-nilainya hancur. Kalau sudah tidak bisa anak menunjukkan prestasi belajarnya, maka itu adalah tanda SOS yang disampaikannya bahwa dia tidak cocok dengan model belajar di sekolah atau ada masalah yang tidak mampu dia atasi sendiri.

Sayangnya banyak orang tua yang tidak peduli. Ketika nilai anak tak sesuai harapan, maka dipaksanya anak belajar dengan mengirimnya ke bimbel-bimbel. Mengirim anak ke bimbel sama artinya dengan tidak lagi mempercayai pendidikan di sekolah. Jika memang sudah tidak cocok lagi sekolah mendidik anak-anak kita, maka yang harus kita lakukan adalah mendatangi sekolah, menanyakan kenapa dan bagaimana, apa yang perlu dibantu, apa yang perlu dilakukan oleh guru. Jika guru dan kepala sekolah menerima Anda dengan tangan terbuka, maka Anda tidak salah memilih sekolah tersebut. Sekarang, mulailah membicarakan masalah yang dihadapi anak Anda. Jika pihak sekolah berusaha memberikan respon positif dengan melakukan pembaharuan, dan itu terlihat pada perkembangan belajar anak Anda, maka itulah sekolah yang bagus untuk anak Anda.

TIPS DAN TRIK UNTUK MEMILIKI PC ATAU LAP TOP

 

LAPTOP Memiliki sebuah PC/laptop bukan lagi sebuah impian yang sulit terwujud. Jika dahulu laptop masih merupakan barang mewah dan bagian dari gaya hidup, saat ini memiliki sebuah laptop sudah menjadi suatu kebutuhan.

Fenomena ini cepat dibaca oleh produsen laptop. Mereka membanjiri pasar dengan berbagai tipe laptop berikut harga yang makin terjangkau. Di satu sisi hal ini sangat menguntungkan kita sebagai konsumen sebab kita diberikan keleluasaan memilih laptop sesuai dengan anggaran dan kebutuhan kita, namun bagi mereka yang baru terjun di dunia laptop tentu hal ini sangat membingungkan. Mereka jadi pusing tujuh keliling dalam menentukan pilihan saking banyaknya pilihan yang tersedia.

Berikut dua langkah yang bisa dijadikan pegangan sebelum membeli sebuah laptop.

Langkah 1 : Tentukan Tujuan dan Kebutuhan.

Tanyakanlah pada diri anda, jika anda ingin membeli laptop, akan digunakan untuk apa laptop tersebut. Apakah digunakan untuk pekerjaan kantoran, mengerjakan tugas tugas sekolah, sekedar untuk browsing dan ber-email-an, diberikan untuk anak anda yang baru kenal komputer, atau dipergunakan untuk bermain game terbaru?

Misalnya jika anda ingin menggunakan laptop untuk bermain game 3D terbaru maka anda memerlukan laptop dengan kemampuan kartu grafis yang memadai. Saat membeli, anda bisa meminta penjaga toko untuk mencarikan laptop dengan memori kartu grafis minimal 256 MB berikut segala kemampuannya. Jangan membeli laptop dengan kartu grafis yang ‘on board’ meskipun dari segi spesifikasi cukup menggiurkan, sebab kemampuan kartu grafis ‘on board’ jauh dibawah kartu grafis yang add on. Semakin wah kartu grafis yang terpasang maka akan semakin mahal laptop tersebut sehingga anda harus mempertimbangkan anggaran yang tersedia.

Jika laptop yang anda beli tidak untuk bermain game maka anda tidak usah terlalu memikirkan masalah kartu grafis. Beberapa pekerjaan kantoran seperti mengetik, internet dan video editing tidak memerlukan spesifikasi kartu grafis yang tinggi. Tentu saja anda bisa mendapatkan laptop dengan harga yang relatif lebih murah.

Nah setelah anda menentukan apakah laptop akan digunakan untuk bermain game atau bukan maka selanjutnya anda harus memikirkan program apa saja yang akan anda jalankan pada laptop tersebut. Hal ini penting untuk menentukan kemampuan prosesor dan RAM dari laptop yang akan anda miliki. Ada baiknya anda membaca spesifikasi minimal laptop yang dibutuhkan untuk menjalankan program yang anda gunakan.

Langkah 2 : Pemilihan Perangkat Keras

Langkah ini merupakan langkah terpenting dari keinginan anda membeli sebuah laptop. Pada langkah ini anda diharapkan mampu memutuskan seberapa cepat sistem laptop yang anda inginkan. Mengapa hal ini penting, sebab jika anda salah dalam menentukan pilihan maka anda tidak akan bisa mengganti software/bagian dalam laptop yang sudah anda beli. Perlu dicamkan disini, semakin mahal anda membayar maka semakin ‘wah’ spesifikasi laptop yang akan anda dapatkan.

Berikut beberapa software/perangkat lunak laptop yang perlu anda perhatikan.

1. Prosesor atau CPU

Prosesor atau CPU akan menentukan seberapa cepat sistem anda bekerja dalam mengeksekusi suatu    program. Terdapat banyak pilihan CPU yang bisa anda pertimbangkan. Saya tidak akan menjabarkan disini  karena terlalu panjang, anda bisa membaca sendiri di situs masing masing produsen CPU. Saya hanya bisa menyarankan anda mengambil minimal dual core CPU kecuali dana yang anda miliki tidak mencukupi. Bila ada dana yang lebih, anda bisa mempertimbangkan menggunakan prosesor Intel Core i5 atau i7 atau AMD X2.

2. Memori (RAM).

Memori (RAM) ini bertugas untuk menyimpan data sementara dari program yang sedang berjalan. Seperti halnya otak, semakin besar kapasitas penyimpanan RAM maka semakin banyak program yang bisa anda jalankan secara bersamaan. RAM yang besar juga diperlukan untuk menjalankan program program berat seperti pengolah grafis dan video. Saat ini, RAM minimal yang dibutuhkan adalah 1 GB, namun alangkah baiknya bila anda bisa mendapatkan RAM 2 GB atau lebih.

3. Hard Drive (Media Penyimpanan).

Hard Drive ini berfungsi untuk menyimpan data dalam waktu yang lama. File musik, video, pekerjaan kantor dan lain lain merupakan beberapa contoh file yang sering disimpan dalam HDD. Semakin lega kapasitas HDD maka akan semakin banyak file yang bisa anda simpan. Performa laptop tidak akan terlalu terpengaruh oleh besarnya kapasitas HDD.

Itulah 3 perangkat keras yang perlu anda perhatikan dalam memilih sebuah laptop. Akhir akhir ini, tersedianya fasilitas WIFI juga bisa dipertimbangkan mengingat bertebarannya hotspot gratis untuk berselancar di dunia maya. Bila memang fitur ini tidak tersedia, anda bisa menambahkan kartu WIFI yang banyak dijual di pasaran.

Perhatian

Saat membeli laptop, harap selalu memperhatikan garansi yang ditawarkan oleh penjual laptop.  Jangan  takut untuk berperilaku cerewet dalam masalah ini sebab laptop merupakan barang mahal yang rentan akan kerusakan sehingga anda bisa tetap aman menggunakannya. Perhatikan jenis tanggungan garansi, apa saja yang ditanggung berikut segala kondisi yang menjadi tanggungan garansi. Jika memang anda merasa tidak sreg, lebih baik anda membatalkan pembelian laptop tersebut daripada anda menyesal di kemudian hari.

Merk tidak penting, yang penting adalah ketersediaan layanan purna jual di kota anda. Apa gunanya anda menggunakan laptop dan bila terjadi kerusakan anda bingung mau membawa kemana. Apalagi anda harus naik pesawat ke ibu kota hanya sekedar memperbaiki laptop. Hal ini tentu tidak praktis dan banyak menghabiskan uang.

Jangan membeli laptop yang sedang di display di toko. Walau ini sedikit remeh tetapi anda tidak bisa mengabaikan begitu saja. Anda tidak tahu sudah berapa kali laptop yang dipamerkan itu dinyalakan dan diutak atik orang. Bila memang laptop itu satu satunya yang ada di toko itu, anda bisa mencarinya di toko lain.

Demikian semoga bermanfaat…..

10 LANGKAH MENGHIDARI RADIASI HANDPHONE

 hp Adanya radiasi handphone yang menyebabkan gangguan kesehatan hingga kini memang masih menjadi perdebatan. Meski masih dalam perdebatan, sebagai produk elektronik yang memancarkan gelombang, keberadaan handphone perlu pengaturan dan tata cara pakai yang pas dan aman Dr. George Carlo, pensiunan peneliti industri handphone dari Amerika menyebutkan setiap tahun terjadi 30 sampai 50 ribu kasus gangguan kesehatan akibat handphone. Dr. Carlo juga mengatakan pada tahun lalu di Amerika bakal terjadi 500 ribu kasus gangguan keseharan akibat handphone. Dalam kaiatan tersebut, Taraka Serrano, penulis dan advokat kesehatan memberikan beberapa tips yang sekiranya berguna untuk menghindari radiasi dari handphone.

1. Batasi Penggunaan Waktu bicara

Biasakan untuk membatasi waktu bicara di handphone, paling tidak persiapkan terlebih dahulu materi untuk pembicaraan. Setelah dua menit Anda berbincang di handphone maka aktifitas natural electrical akan mulai meningkat ke otak.

2. Rentan Terhadap Anak-anak

Anak-anak tentu memiliki ketahanan fisik yang lebih lemah ketimbang orang dewasa, termasuk dalam hal radiasi handphone. Untuk itu biasakan Anak Anda untuk tidak terlalu sering memanfaatkan handphone untuk aktifitas voice. Tapi Anak-anak perlu juga diberi pemahaman untuk pemanfaatan handphone dikala darurat.

3. Manfaatkan Airtube Headset

Walau telah menggunakan headset bukan berarti Anda bisa terbebas dari efek radiasi. Salah satu solusi yakni manfaatkan airtube headset. Jenis headset ini dilengkapi lubang atau rongga pada speakernya.

4. Jangan Masukkan Handphone di Saku Celana

Material bahan di celana kadang dapat menjadi konduktor yang cepat untuk radiasi, ketimbang reaksi ke bagian kepala. Salah studi mengungkapkan posisi handphone di saku celana, terutama dekat lipatan paha bisa berpengaruh pada kualitas sperma hingga turun 30 persen. Ini bisa menjadi perhatian penting bagi para pria.

5. Jeda Saat Melakukan Panggilan

Saat Anda menggunakan handphone tanpa headset, tunggu beberapa saat sampai panggilan Anda terkoneksi ke jaringan operator, baru kemudian tempelkan telinga ke speaker. Sedikit banyak hal ini bisa mengurangi efek radiasi.

6. Jangan Gunakan Handphone di Elevator.

Elevator (Lift) telah menjadi standar fasilitas di gedung-gedung bertingkat. Elevator pun kini sudah banyak yang dilengkapi penguat sinyal oleh para operator. Namun ada pendapat untuk menunda bertelepon di dalam ruang metal tertutup, dalam hal ini adalah elevator dan kendaraan box. Alasannya aktifitas handphone dapat memicu hukum Faraday sehingga bisa menjebak radiasi yang dipancarkan dan di khwatirkan akibatnya berbalik ke pengguna.

7. Indikator Kekuatan Sinyal

Dikala ingin melakukan panggilan, sebaiknya perhatikan pula kondisi jaringan operator di layar handphone. Jika melakukan panggilan di saat sinyal lemah atau satu bar maka proses kerja handphone untuk terkoneksi ke jaringan operator bertambah berat. Ini juga membawa efek pada tingkat radiasi.

8. Gunakan Handphone dengan SAR Rendah

Setiap handphone yang beredar memiliki tingkat SAR (specific absorption rate) yang berlainan. SAR diartikan sebagai ukuran tingkat penyerapan energi dari RF (radio frequency) yang dapat masuk ke dalam tubuh. Semakin rendah tingkat SAR maka kian bagus handphone yang dimaksud. Indikator SAR umumnya sudah disertakan dalam buku manual pengoperasian handphone.

9. EMF Protection

Gunakan perangkat baik handphone ataupun lainnya dengan validasi EMF (electronic filed) protection. Salah satu yang mencuat saat ini seperti pemanfaatan bio energy. Radiasi EMF dapat bersifat kumulatif pada tubuh Anda, wujud yang paling mudah dilihat yakni biological stress.

10. Mengkonsumsi Suplemen

Radiasi dari perangkat Microwave di base station dapat mengurangi tingkat anti oxidant di dalam tubuh. Hal ini bisa menjadi ancaman, sebab anti oxidant diperlukan tubuh untuk perlindungan dan membawa pengaruh pada indikator stress, infeksi dan penyakit-penyakit lain. Untuk itu Anda perlu mengkonsumsi suplemen yang mengandung elemen Melatonin, Zinc, Gingko Biloba dan Bilberry Extract. Keempat elemen tersebut bisa meningkatkan anti oxidant, melindungi sel otak dan kesehatan mata.

Jumat, 17 Juni 2011

FESTIVAL DAN LOMBA SENI SISWA NASIONAL SMP (FLS2SN SMP)



FESTIVAL  DAN LOMBA SENI SISWA NASIONAL SMP (F2SN SMP)
SMP Negeri 15 Banjarmasin akhirnya berhasil mewakili Kalimantan Selatan untuk tingkat Nasional yang insya Allah akan di gelar di Ujung Pandang pada Tgl.21 Juni 2011….sekali lagi selamat atas keberhasilan tim Seni Kriya dari SMPN 15 Banjarmasin.

KUOTA & STATISTIK PENDAFTAR PSB ONLINE 2010 TINGKAT SMP

KUOTA & STATISTIK PENDAFTAR PSB ONLINE 2010 TINGKAT SMP

Nama Sekolah
Kuota
Nilai
Pilihan
Total
Daftar
Kursi
Awal
Sisa
Max
Min
1
2
Terdaftar
Ulang
Kosong
Smp Negeri 2
252
0
27.90
24.20
354
101
317
252
0
Smp Negeri 3
216
0
28.65
23.90
375
188
372
204
12
Smp Negeri 4
288
0
26.85
18.90
372
154
349
286
2
Smp Negeri 5
288
0
27.60
21.80
451
321
447
281
7
Smp Negeri 7
216
0
27.50
22.75
390
239
304
212
4
Smp Negeri 8
252
0
26.05
18.80
338
175
341
228
24
Smp Negeri 9
252
0
26.15
22.20
325
397
326
248
4
Smp Negeri 10
216
0
26.05
19.05
303
170
293
199
17
Smp Negeri 11
216
0
27.05
17.05
261
396
265
208
8
Smp Negeri 12
324
0
23.80
17.15
284
224
294
305
19
Smp Negeri 13
252
0
25.55
14.45
185
228
154
251
1
Smp Negeri 14
144
0
26.20
18.45
229
282
231
135
9
Smp Negeri 15
216
0
26.00
19.85
253
270
265
209
7
Smp Negeri 16
144
0
26.00
14.10
82
153
71
98
46
Smp Negeri 17
180
0
25.80
16.90
187
273
186
165
15
Smp Negeri 18
144
0
24.40
14.75
97
207
90
109
35
Smp Negeri 19
180
0
26.85
16.80
220
92
241
138
42
Smp Negeri 20
288
0
25.50
10.00
149
96
134
172
116
Smp Negeri 21
144
0
25.25
18.35
146
256
134
131
13
Smp Negeri 22
180
0
25.40
12.65
90
168
72
145
35
Smp Negeri 23
288
0
27.05
18.50
325
205
344
263
25
Smp Negeri 24
216
0
27.85
23.40
337
122
337
214
2
Smp Negeri 25
180
0
22.80
16.85
128
404
121
155
25
Smp Negeri 26
180
0
25.50
21.75
247
420
243
177
3
Smp Negeri 27
144
0
25.00
17.75
146
162
144
134
10
Smp Negeri 28
108
0
25.50
16.30
118
221
108
74
34
Smp Negeri 29
108
58
25.20
10.45
43
50
22
43
65
Smp Negeri 30
180
0
25.90
18.90
217
268
240
170
10
Smp Negeri 31
144
0
25.35
18.90
179
300
22
139
5
Smp Negeri 32
108
0
26.10
10.70
70
165
60
81
27
Smp Negeri 33
180
0
25.70
19.90
272
269
295
179
1
Smp Negeri 34
180
0
27.15
15.10
161
284
159
157
23